Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Abul Hasan Asy-Syadzili


Biografi Abul Hasan Asy-Syadzili



Quthbul Muhaqqiqin Sulthonil Auliya’is Sayyidinasy Syekh Abul Hasan Ali asy-Syadzily “أبو الحسن الشاذلي  lahir Ghumarah, Maroko, tahun 593H/1197 M. Beliau wafat di Humaitsara, Mesir, tahun 656 H/1258 M. Beliau merupakan Pendiri Tarekat Syadziliyah yang merupakan salah satu tarekat sufi terkemuka di dunia. Beliau dipercayai oleh para pengikutnya sebagai salah seorang keturunan Nabi Muhammad saw. yang lahir di desa Ghumarah, dekat kota Sabtah, daerah Maghreb (sekarang termasuk wilayah Maroko, Afrika Utara) pada tahun 593 H/1197 M.

Berikut ini nasab Abu Hasan Asy-Syadzili : Abul Hasan, bin Abdullah Abdul Jabbar, bin Tamim, bin Hurmuz, bin Hatim, bin Qushay, bin Yusuf, bin Yusya’, bin Ward, bin Baththal, bin Ahmad, bin Muhammad, bin Isa, bin Muhammad, bin Hasan, bin Ali bin Abi Thalib suami Fatimah binti Rasulullah saw. Syekh Abul Hasan asy-Syadzali meninggal dunia di Iskadariyah pada tahun 656 H.

Pada awal masa kecilnya beliau sudah dibekali oleh orang tuanya dasar-dasar agama yang kuat, kemudian juga mendapat bekal pendidikan dari guru kerohaniannya yang bernama Abdul Salam bin Masyisy, seorang ulama’ besar dari Maroko. Setelah dibekali ilmu yang cukup oleh gurunya lalu beliau dikirim oleh gurunya pergi ke Tunisia dan tinggal di Syadziliah.

Abul Salam Al-Masyisy, memandang ada kelebihan dan keistimewaan yang nampak pada diri Asy-Syadzili, sehingga dikirimlah beliau ke Tunisia untuk mengembangkan ilmu yang telah dimiliki. Namun perintah gurunya ini tidak diketahui alasannya, mengapa mengirim Asy-Syadzili ke Tunisia, tapi sebagai murid yang taat pada gurunya beliau melaksanakan perintah gurunya yang sangat dicintainya.

Beliau belajar ilmu thariqah dan hakikat setelah matang dalam ilmu fiqihnya. Bahkan beliau tak pernah terkalahkan setiap berdebat dengan ulama-ulama ahli fiqih pada masa itu. Dalam mempelajari ilmu hakikat, beliau berguru kepada wali quthub yang agung dan masyhur yaitu Syekh Abdus Salam Ibnu Masyisy, dan akhirnya beliau yang meneruskan quthbiyahnya dan menjadi Imam al-Auliya’.

Ilmu-ilmu yang dimiliki oleh Syadzili banyak diperoleh ketika beliau tinggal di Tunisia, karena ditempat ini beliau banyak bertemu dengan para ulama’ terkenal dan melakukan diskusi dengan ilama’-ulama’ yang ditemui. Kedatangan beliau di Syadzili ini mendapat sambutan yang luar biasa dan setiap hari mereka selalu mengerumuni Asy-Syadzili. Untuk menghindari kerumunan penggemarnya, maka beliau ditemani oleh Syekh Abu Muhammad Abdullah bin Salamah al Habibi untuk mengasingkan diri di daerah pegunungan yang bernama Zagwan. Dan di daerah ini beliau mengkhususkan diri dengan beribadah, membersihkan jiwa, menyatukan kehendak dan kemampuan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Setelah beliau berkhalwat dari Gunung Zagwan tersebut, lalu beliau kembali ke tengah-tengah masyarakat untuk menyampaikan dakwah dan pelajaran. Namun kembalinya asy-Syadzili ketengah-tengah, masyarakat ini mendapat sambutan yang luar biasa dari para sufi dan para pejabat pemerintah. Namun dari kalangan pejabat ini beliau banyak mendapat tantangan karena adanya fitnah dari ulama’ fiqih, namun beliau selalu terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak dikehendaki. Setelah mendapat tantangan dan fitnah dari ahli fiqih, akhirnya beliau memutuskan untuk pindah ke Mesir dan menetap di Iskandariyah.

Selama tinggal di Tunisia, beliau banyak berdiskusi dan berdialog dengan tokoh sufi, seperti Syekh Abul Hasan Ali Ibnu Makhluf al Suadzli, Abu Abdullah al Shabuni, Abu Muhammad Abdul Aziz al Paituni, Abu Abdillah al Binai ar Rayyah dan Abu Abdillah al Jarihi.

Disamping beliau banyak berdialog dengan para ulama’ beliau juga mendirikan majlis pengajian yang banyak dihadiri oleh para ulama’ diantara para ulama yang hadir dalam majlis pengajiannya adalah Izzudin bin Abdul Salam, Taqiyyudin ibnu Daqiqil’id, Abul Adzim al Munziri, Ibnu Shaleh, Ibnu Hajib, Jamaluddin Usfur, Nabihuddin bin Auf, Muhyiddin bin Suradah, Ibnu Yasin dan lain-lain
Sanad dan Silsilah Tariqah Syadziliyah : 
  • As-Syekh As-Sayyid Abul Hasan Asy-Syadzili ra.
  • As-Syekh Abdus Salam b Mashish ra.
  • As-Syekh Muhammad bin Harazim ra.
  • As-Syekh Muhammad Salih ra.
  • As-Syekh Shuaib Abu Madyan ra.
  • As-Syekh As-Sayyid Abdul Qadir Al-Jailani ra.
  • As-Syekh Abu Said Al-Mubarak ra.
  • As-Syekh Abul Hasan Al-Hukkari ra.
  • As-Syekh At-Tartusi ra.
  • As-Syekh Asy-Shibli ra.
  • As-Syekh Sari As-Saqati ra.
  • As-Syekh Ma’ruf Al-Kharkhi ra.
  • As-Syekh Daud At-Tai ra.
  • As-Syekh Habib Al-Ajami ra.
  • Imam Hasan Al-Bashri ra.
  • Sayyidina Ali bin Abu Thalib ra.
  • Sayyidina Muhammad saw.


POKOK-POKOK PIKIRAN ASY-SYADZILI.


Ada beberapa pokok pemikiran yang dikembangkan oleh Syekh Abul Hasan Al-Syadzili, diantaranya adalah. Seseorang yang ingin mendalami ajaran Tasawuf, maka harus terlebih dahulu mendalami dan memahami ajaran Syari’ah.

Pelajaran tasawuf Asy-Syadzili yang diajarkan kepada murid-muridnya diambil dari 7 kitab yang penting diantaranya adalah :
  1. Kitab Khatam al-Auliyah karya Syekh al-Hakim al-Tarmizi, kitab ini banyak menguraikan tentang masalah kewalian (wilayat) dan kenabian (nubuwwat).
  2. Kitab al-Mawaqif Wa al-Mukhatabah karya Syekh Muhammad bin ‘Abdul Jabbar an-Niffari. Menurut pengarangnya kitab ini ditulis berkat pemberian Tuhan tatkala pengarangnya sedang berkhalwat (menyendiri untuk mendekatkan diri kepada Allah). Dan kitab ini juga menguraikan tentang kerinduan seorang sufi kepada Tuhannya.
  3. Kitab Qutub Qulub karya Syekh Abu Thalib al-Makki. Kitab ini ditulis menurut acuan syara’ dengan uraian-uraian dan pandangan-pandangan sufi hingga syariat dan hakikat sejalan dan bersatu.
  4. Kitab Ihya Ulumuddin karya Syekh Imam al-Ghazali. Kitab ini ditulis dengan memadukan antara syariah dan tasawuf.
  5. Kitab As-Syifa’ Bi Ta’rifi Huquqil Musthofa karya Syekh Qadhi ‘Iyadh. Kitab ini oleh al Syadzili dipergunakan untuk mengambil berkah dan juga mengambil sumber syarah-syarah dengan melihat tasawuf dari sudut pandang ahli fiqh.
  6. Kitab Ar-Risalah al-Qusyairiyah karya Syekh Imam Qusyairi. Kitab ini dipergunakan oleh al-Syadzili sebagai permulaan dalam pengajaran tasawwufnya.
  7. Kitab Tafsir al-Muharrar al-Wajiz. Karya Ibnu ‘Athiah al-Andalusi. Kitab ini diuraikan oleh as-Syadzili untuk melengkapi pengetahuan dalam pengajian.

  

Karya – Karya Syekh Abul Hasan Asy-Sydazali :

  1. Thariqat Syadzaliyah.
  2. Hizib Nasr (pertolongan).
  3. Hizib Bahr (lautan).
  4. Hizib Barr (daratan).
  5. Hizib Andarun.
  6. Hizib Khofi.
  7. Hizib Ikhfa’.
  8. Hizib Dairoh.
  9. Hizib Jalalah.
  10. Hizib Kifayah.
  11. Hizib Lathif.
  12. Hizib Nur(cahaya).
  13. Hizib Syaikh.
  14. Hizib Tawasul.
  15. Hizib Thomsi.

Sumber : Nahdatul Ulama'


Posting Komentar untuk "Biografi Abul Hasan Asy-Syadzili"