Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sedekah Sembunyi Bagi Pedagang dan Pembeli


Cara Sedekah Sembunyi Bagi Pedagang dan Pembeli


Dalam wikipedia dijelaskan bahwa devinisi Sedekah adalah adalah pemberian seorang Islam kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekedar zakat maupun infak. Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Namun sedekah mencakup segala amal, atau perbuatan baik.

Menilik aturan BAZNAS No.2 tahun 2016, sedekah diartikan sebagai harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Diantara perintah anjuran Sedekah terdapat dalam Quran surat Al Talaq ayat 7,

 لِيُنْفِقْ ذُوْ سَعَةٍ مِّنْ سَعَتِهۗ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُه فَلْيُنْفِقْ مِمَّآ اٰتٰىهُ اللّٰهُ ۗ لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا مَآ اٰتٰىهَاۗ سَيَجْعَلُ اللّٰهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُّسْرًا

Artinya : Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.

Selain kebaikan dalam sedekah, terdapat juga kebaikan dalam cara melakukan sedekah yaitu bersedekah dengan sembunyi-sembunyi. Hal ini berdasarkan firman Allah ta’ala QS Al Baqoroh : 271,

إِن تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ وَإِن تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيرٌ لَّكُمْ

Artinya : ”Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu”

Berikut penulis menawarkan cara bersembunyi bagi seorang pedagang dan pembeli.


Cara Pedagang Menyembunyikan Sedekah

Seorang pedagang tentu mencari keuntungan dengan dagangannya, namun seharusnya ia tidak hanya mencari keuntungan materi saja tetapi juga harus mempertimbangkan keuntungan ukhrawi. Paling tidak, keuntungan ukhrawi ini sangat bermanfaat dalam membangun spiritual serta menyambung hubungan dengan Pencipta alam semesta.

Seorang pedagang yang sholeh lebih senang memberikan sedekah secara sembunyi tanpa diketahui oleh orang banyak yang tentunya berujung pada pujian lalu pada sifat sombong. Banyak cara dapat diterapkan oleh pedagang untuk memberikan sedekah pada orang lain. Cara yang paling mudah ialah memberikan subsidi harga pada barang yang dijualnya, gambarannya ialah :

Apabila ia menjual nasi dengan harga normalnya 15 ribu, maka ia harus menjual dengan harga 12 ribu. Artinya pedagang telah memberi sedekah kepada setiap orang dengan 3 ribu rupiah. Hal ini sungguh luar biasa, sedekahnya diberikan kepada orang lain tanpa diketahui oleh penerimanya.

Apabila ia sebagai penjual barang yang secara umum harganya hanya 1 varian harga semisal pedagang bensin, maka caranya ialah melebihkan takaran dari semestinya. Bila ada orang beli bensin 1 liter maka pedagang memasukkan bansin tersebut sebanyak 1 liter lebih 1 mili. Artinya ialah telah sedekah kepada pembelianya sebanya 1 mili per 1 liter tanpa diketahui oleh pembelinya. Hal ini sangat berat dilakukan kecuali oleh orang-orang yang benar-benar mengharap kasih sayang Allah SWT.


Cara Pembeli Menyembunyikan Sedekah

Sebagaimana seorang menjual atau pedagang. Pembeli juga sangat bisa untuk melakukan sedekah secara sembunyi-sembunyi tanpa diketahui oleh pedagang yang dibelinya. Gambarannya ialah :

Pembeli mencari penjual yang menjual dagangannya untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarganya bukan pada pedagang yang hanya mencari keuntungan untuk membeli barang-barang bukan kebutuhan pokok. Dengan begitu, artinya ia membantu menghabiskan barang jualannya sehinggan penjual segera mendapatkan uang agar segera memenuhi kebutuhan pokoknya.

Apabila membeli pada penjual jajanan dipinggir jalan, maka belilah melebihi kebutuhannya. Semisal ia ingin membeli tempe untuk kebutuhannya 2 bungkus, lalu belilah 3 bungkus dengan niat sedekah melariskan dagangannya, kemudian 1 bungkus yang bukan kebutuhannya maka sedekahkanlah pada tetangga ataupun keluarga lainnya. Dengan begitu, ia telah melakukan 2 sedekah dalam 1 kegiatan, pertama sedekah pada pedagang tempe dan kedua sedekah pada tetangganya.

Subhanallah, bila hal ini terus berputar dalam kehidupan sekitar, alangkah indahnya kehidupan ini. Semoga rahmat dan hidayah Allah swt terus menyertai.



 

Posting Komentar untuk "Cara Sedekah Sembunyi Bagi Pedagang dan Pembeli"