Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadis Ke-2 Kitab Arbain Nawawi : Ekspresikan Keimanan Kalian


Ekspresikan Keimanan Kalian
=========
Ahad, 30 Juni 2024 penulis kembali mengisi Kajian Majelis Ilmu BaitiQu di Mushalla Baiturrahman, Tuku, Sawahluar, Kotakusuma. Momen berkah di pagi ini merupakan kajian ke-2 penulis menyampaikan pesan-pesan Baginda Nabi Muhammad SAW yang terdapat di dalam Kitab Arbain Nawawi.
Dikisahkan oleh Sayyidina Umar bin Khattab bahwa suatu hari saat para sahabat berkumpul bersama Rasulullah SAW, datanglah seseorang yang pada akhir kisah dikenali sebagai sosok malaikat Jibril as. Jibril as tampil dengan pakaian putih, rambut hitam, dan dengan keadaan terbaik. Dia hadir dihadapan Nabi Muhammad SAW dengan posisi terbaik, seraya bertanya tentang Iman, Islam, dan Ihsan.
Rasulullah SAW pun menjawab ketiganya dengan tuntas. Ketiga jawaban Rasulullah SAW sebagai berikut,
1. Islam ialah bersaksi bahwa tiada Tuhan yang patut disembah selain Allah swt dan Nabi Muhammad adalah utusanNya, melakukan sholat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan berhaji ke Baitullah saat mampu.
2. Iman ialah percaya dengan adanya Allah SWT, para malaikat, kitab, para rasul, akan datangnya hari kiamat, dan qada' juga qadar Allah SWT.
3. Ihsan ialah menyembah Allah swt seakan-akan engkau dapat melihatNya, bila tidak mampu maka yakinlah bahwa Allah swt melihat engkau.
Ketiganya jawaban di atas muncul dari pertanyaan Jibril as dan dibenarkan juga olehnya.
Jibril as dan Rasulullah SAW bukannya tidak mengetahui tentang Iman, Islam, dan Ihsan tersebut, melainkan mengajarkan kepada sahabat yang hadir dan selanjutnya ajaran-ajaran ini sampai kepada kita semua melalui nasehat pada kiai dan ustadz di mushalla dan madrasah.
Para kiai dan ustadz telah menjelaskan bahwa seseorang yang menyatakan telah beriman harus membuktikan keimanannya dengan perbuatan keislaman, yaitu berupa sholat, zakat, puasa, haji, dan menifestasi keimanan lainnya. Namun demikian tidak cukup kedua aspek (Iman dan Islam) saja, keislaman harus pula dihiasi dengan kebaikan prilaku serta kebersihan niat dalam hati (Ihsan). Kumpulan Iman, Islam, dan Ihsan menjadikan pelakunya menjadi hamba seutuhnya.
Disela-sela narasi penjelasan, penulis munculkan secuil contoh gambaran bahwa manusia yang percaya kepada Allah swt harus melaksanakan sholat, seorang laki-laki yang sholat sayogyanya memakai baju, sarung, dan kopyah, sebab hal itu merupakan kepantasan saat sholat. Walaupun kendati demikian menutup aurat laki-laki ialah antara pusar dan lutut saja, namun sungguh tidak elok bila si bocah laki-laki itu datang ke masjid untuk sholat hanya memakai sarungan tanpa baju.
عَنْ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَيضاً قَال: بَيْنَمَا نَحْنُ جُلُوْسٌ عِنْدَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ، إَذْ طَلَعَ عَلَيْناَ رَجُلٌ شَدِيْدُ بَيَاضِ الثّياب، شَدِيْدُ سَوَادِ الشَّعْرِ، لاَ يُرَى عَلَيهِ أَثَرُ السَّفَرِ، وَلاَ يَعْرِفُهُ مِنا أحَدٌ حَتى جَلَسَ إلَى النبِي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَسْنَدَ رُكْبَتَيْهِ إلَى رُكْبَتَيْهِ وَوَضَعَ كَفَّيْهِ عَلَى فَخِذِيْهِ وَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ أَخْبِرْنِي عَنِ الإِسْلاَم! فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «الإِسْلاَمُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لاَ إلَه إلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدَاً رَسُولُ الله، وَتُقِيْمَ الصَّلاَة، وَتُؤْتِيَ الزَّكَاةَ، وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ، وَتَحُجَّ البيْتَ إِنِ اِسْتَطَعتَ إِليْهِ سَبِيْلاً»
قَالَ: صَدَقْتَ. فَعجِبْنَا لَهُ يَسْأَلُهُ وَيُصَدِّقُهُ، قَالَ: فَأَخْبِرِنيْ عَنِ الإِيْمَانِ! قَالَ: «أَنْ تُؤمِنَ بِالله، وَمَلاِئكَتِه، وَكُتُبِهِ، وَرُسُلِهِ، وَالْيَومِ الآَخِر، وَتُؤْمِنَ بِالقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ»
قَالَ: صَدَقْتَ، قَالَ فَأخْبِرْنِيْ عَنِ الإِحْسَانِ! قَالَ: «أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَكَ تَرَاهُ، فَإِنْ لمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ» قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ السَّاعَةِ! قَالَ: «مَا الْمَسئُوُلُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنَ السَّائِلِ» قَالَ: فَأخْبِرْنِيْ عَنْ أَمَارَاتِها! قَالَ: «أَنْ تَلِدَ الأَمَةُ رَبَّتَهَا، وَأَنْ تَرى الحُفَاةَ العُرَاةَ العَالَةَ رِعَاءَ الشَّاءِ يَتَطَاوَلُوْنَ فِي البُنْيَانِ» ثُمَّ انْطَلَقَ فَلَبِثتُ مَلِيَّاً ثُمَّ قَالَ: «يَا عُمَرُ! أَتَدْرِي مَنِ السَّائِلُ؟» قُلْتُ: اللهُ وَرَسُوله أَعْلَمُ قَالَ: «فَإِنَّهُ جِبْرِيْلُ أَتَاكُمْ يُعَلَّمُكُمْ دِيْنَكُمْ» رواه مسلم.

Posting Komentar untuk "Hadis Ke-2 Kitab Arbain Nawawi : Ekspresikan Keimanan Kalian"